Senin, 23 September 2024

HIMPEDES "HIMA PEDULI DESA"

 

Organisasi adalah kelompok terstruktur yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Nonformal (HIMA PNF) di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta adalah organisasi yang bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa PNF untuk berkembang dan berproses. Maka dari itu, HIMA PNF kabinet bratalaras meluncurkan program unggulan bernama Himplus Peduli Desa (HIMPEDES) yang dinaungi oleh bidang Public Relation.


Tahun lalu, program serupa dengan nama Himplus Social Project berhasil dilaksanakan di Dusun Bulak, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta. Sedangkan untuk tahun ini dilaksanakan di Dusun Kaliurang Selatan, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Program HIMPEDES dirancang untuk mendukung misi HIMA kabinet Bratalaras, yaitu “Membangun HIMA PNF sebagai organisasi yang bergerak sesuai dengan 5 konsentrasi PNF saat ini”. Program ini akan berfokus pada pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan pelatihan, pendidikan keluarga, pekerja sosial, serta wisata edukasi, dengan kegiatan seperti workshop pelatihan fasilitator outbound, parenting, dan fun learning. Target program HIMPEDES adalah seluruh lapisan masyarakat di Dusun Kaliurang Selatan, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah.

Diprogram kerja ini, kami bekerjasama dengan beberapa kakak-kakak dari S2 PNF untuk melakukan pendampingan selama program kerja ini berlangsung.

Program kerja ini,diikuti oleh mahasiswa pendidikan nonformal angkatan 2022 dan 2023 dengan melalui beberapa tahapan seleksi yang ada. Pendaftaran panitia kegiatan HIMPEDES dimulai dari tanggal 17 April 2024 - 24 April 2024, kemudian dilanjut Wawancara pada tanggal 25 April 2024 dan pengumuman hasil seleksi tanggal 2 Mei 2024. Dari hasil seleksi dan formaturan tercatat 37 Panitia.

Himplus Peduli Desa dilaksanakan pada 3 Juli 2024 - 5 Juli 2024. Pada hari pertama yaitu 3 Juli 2024 pembukaan HIMPEDES atau Himplus Peduli Desa dibuka oleh MC lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya serta disusul laporan ketua pelaksana, sambutan ketua HIMA, sambutan Pak Dafid selaku pendamping HIMA, juga sambutan dari Kepala Dusun, Kepala Desa, Ketua Pokdarwis dan Ketua Karang Taruna. Serta ada pemaparan garis besar acara yang dipaparkan langsung oleh sie acara.

Selanjutnya pembukaan dan perkenalan narasumber workshop outbond sampai penyampaian materi, yang di narasumberi oleh kakak dari S2 PNF yaitu Yuliana Nugrahani S.Pd. Lalu terdapat sesi tanya jawab dan penutupan acara. Pada malam hari diadakan acara srawung bersama pemuda-pemudi dusun, yang dimeriahkan oleh panitia serta pemuda-pemudi di Dusun Kaliurang Selatan. Terdapat beberapa fun games serta sharing season dalam acara srawung bersama pemuda-pemudi Dusun Kaliurang Selatan.

Pada hari kedua Kamis 4 Juli 2024, dikarenakan cuaca yang tidak mendukung maka kegiatan kerjabakti pun dibatalkan, namun digantikan dengan kegiatan POSBINDU dengan ibu-ibu dan persiapan untuk acara selanjutnya yaitu workshop parenting yang dibersamai oleh kakak dariS2 PNF yaitu Dewi Arum Sri Woro, S.Pd. Setelah pemaparan workshop parenting serta sesi tanya jawab lalu penyerahan sertifikat dan dokumentasi.

Acara berikutnya yaitu pengolahan pie salak, yang dibersamai oleh temen-teman Zalakkuy (Peserta WMI UNY, Mahasiswi PNF angkatan 22) dan sasarannya Ibu-ibu PKK Dusun Kaliurang Selatan. Serta tak lupa diadakan sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat dan penutupan. Selanjutnya terdapat fun learning bersama anak-anak Dusun Kaliurang Selatan, berupa kolase gambar menggunakan biji-bijian, beberapa fun games dan cap tangan.

Ada hari terakhir Jumat 5 Juli 2024, diadakan senam bersama panitia dan warga Dusun Kaliurang Selatan. Saat senam, kami didatangi oleh beberapa mahasiswi-mahasiswi dari kampus UGM yang ternyata sedang KKN di desa Srumbung. Tak lupa kita juga sharing session dengan teman teman yang sedang KKN tersebut. 

Acara selanjutnya yaitu praktik outbond oleh pemuda-pemudi Dusun Kaliurang Selatan yang dibersamai oleh S2 PNF yaitu Yuliana Nugrahani S.Pd. Pada praktik outbound kali ini, beberapa pemuda-pemudi kami beri kesempatan untuk menjadi fasil dalam beberapa fun games di outbound ini. Dan pada malam hari diadakan pensi bersama dari panitia maupun dari warga Dusun Kaliurang Selatan.

Alhamdulillah pada program kerja HIMPEDES ini berjalan lancar dan mendapat respon positif dari berbagai pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar