Sabtu, 26 Agustus 2023

PROGRAM HIMPLUS SOSIAL PROJECT HIMA PLS KABINET GAMANANTHA 2023

 

Berita Acara Program Himplus Sosial Project Hima PLS 2023



            Pendidikan Luar Sekolah merupakan proses pembelajaran yang terjadi di luar lingkungan sekolah formal. Pendidikan Luar Sekolah memberikan kesempatan bagi individu untuk belajar di luar ruang kelas dan melibatkan berbagai metode dan konteks pembelajaran yang berbeda. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang melakukan perannya masing-masing di lingkungan sekitar sesuai dengan kemampuan dan kemauan yang dimiliki. Kegiatan sosial merupakan kegiatan yang dilakukan bersama dengan elemen masyarakat dengan mencapai tujuan bersama dan melibatkan partisipasi dari masyarakat. Kegiatan sosial ini dalam rangka membantu dan memperbaiki kondisi sosial di masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan kontribusi positif kepada lingkungan sekitar, memperkuat hubungan antarwarga, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (HIMA PLS) Kabinet Gamanantha Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk mahasiswa/mahasiswi PLS untuk berproses dan mengembangkan diri mereka. Organisasi HIMA PLS Kabinet Gamanantha ini diketuai oleh Marlena Eka Putri mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2021. Salah satu program kerja dari HIMA PLS FIPP UNY 2023 adalah Himplus Social Project.

            Himplus Social Project merupakan program kerja unggulan dari HIMA PLS FIPP UNY 2023 Kabinet Gamanantha yang dinaungi oleh Bidang Public Relation yang dilaksanakan satu kali dalam masa jabatan. Pada program kegiatan ini, akan diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2021 dan 2022 melalui beberapa tahapan seleksi yang ada. Pendaftaran program kegiatan Himplus Social Project mulai dari tanggal 8-10 Mei 2023 kemudian dilanjutkan dengan tahapan wawancara pada tanggal 11 Mei 2023 sampai dengan pengumuman tanggal 13 Mei 2023.

            Program kegiatan Himplus Social Project tahun 2023 berlokasikan di Dusun Bulak, Sentolo, Kulom Progo, D.I. Yogyakarta. Dengan mengangkat tema “Cerita Bahagia Bersama Membangun Generasi Ceria”. Harapannya dengan hadirnya mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah ditengah Masyarakat kita dapat memotivasi, bertukar pikiran, dan menambah wawasan pengetahuan tentang sosial masyarakat. Program kegiatan ini dilaksanakan berupa fun learning selama tiga hari. Dimulai pada tanggal 23 Juni 2023 yang diawali dengan briefing dipimpin oleh Widya Asnildawati selaku ketua pelaksana kegiatan dan diikuti oleh anggota panitia kemudian dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Himplus Social Project secara resmi dengan dihadiri oleh Dosen Pendidikan Luar Sekolah, Tokoh masyarakat dan masyarakat umum Dusun Bulak Sentolo. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersama anak-anak, adapun kegiatannya yaitu seperti Leaf Printing dan kolase. Dan pada malamnya dilanjutkan dengan kegiatan Makrab dan Api Unggun Bersama pemuda pemudi KarangTaruna Dusun Bulak Sentolo. Pada tanggal 24 juni 2023 kegiatan diawali kerja bakti dengan pemuda pemudi Dusun Bulak Sentolo. Kegiatan dilakukan di tiga tempat yaitu Pendopo dan dua masjid yang ada di dusun. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu nobar video edukatif dan fun game outbound bersama anak-anak. Pada tanggal 25 juni 2023 merupakan hari terakhir kegiatan Himplus Social Project. kegiatan penutupan Himplus Social Project dimeriahi dengan penampilan pentas seni anak-anak Dusun.

           

            Dengan adanya kegiatan Himplus Social Project. Mahasiswa pendidikan Luar Sekolah dapat mengiplementasikan ilmu-ilmu yang dipelajari dibangku perkuliahan ke masyarakat  dengan terjun langsung ke lapangan dengan berbagai kegiatan yang ada. Mahasiswa dapat mengetahui permasalahan dilingkungan sekitar dan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga program Himplus Social Project ini diharapkan dapat berdampak baik pada masyarakat sekitar.

           

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar