Minggu, 11 Februari 2024

RAPAT KERJA (RAKER) DAN UPGRADING PLS FIPP UNY PERIODE 2024 KABINET BRATALARAS

        Rapat Kerja dan Upgrading Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dilaksanakan pada hari Senin, Selasa ,dan Rabu, 5-7 Februari 2024. Rapat kerja dimulai pada hari Senin pukul 09.00 WIB yang bertempat di Ruang Kelas 28 dan 29 Lantai 3 Gedung Noeng Muhajir. Rapat kerja dihadiri oleh seluruh Pengurus HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024. Selain itu juga dihadiri oleh tamu undangan antara lain Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO), dan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. Upgrading yang dilaksanakan dikhususkan untuk para Pengurus HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024 pada hari Selasa dan Rabu pukul 12.00-selesai WIB bertempat di Villa Kumala Kaliurang. Sedangkan Rapat kerja yang dilaksanakan juga terbuka untuk seluruh Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah.

        Acara Senin tanggal 5 Februari 2024 dimulai dengan kegiatan Rapat Kerja untuk para Pengurus HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024 dan para tamu undangan. Setelah dirasa semua peserta sudah memasuki ruangan, acara dimulai sesuai dengan rundown. Adapun acara tersebut yaitu berdoa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UNY. Setelah itu, dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Pelaksana dan sambutan-sambutan dari Ketua HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024, Pendamping HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024, dan Kepala Departemen Pendidikan Luar Sekolah sekaligus membuka acara ini. 

        Selanjutnya acara inti, yaitu Rapat Kerja yang dapat dihadiri atau bersifat terbuka juga untuk seluruh Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. Dalam serangkaian acara Rapat Kerja dimulai dari presentasi rencana program kerja dari Pengurus inti, dilanjut bidang PSDM, PENGEMUDI, KOMINFO, KWU, SENOR, dan Public Relation. Sistem dari Rapat Kerja ialah setelah pemaparan program kerja satu bidang maka ada sesi diskusi yang berupa tanya jawab atau sanggahan dan vote apakah program kerja tersebut disetujui atau tidak. Setelah menerima berbagai masukan dari Dosen, DPO, dan Pengurus HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024 maka membuahkan fiksasi program yang akan dijalankan. 

        Adapun Program Kerja yang sudah difiksasi saat berjalannya diskusi perbidang ialah sebagai berikut : 
1. PIPH : Nfest, Sarasehan, Reresik Sekre. 
2. PSDM : Raker dan Upgrading, Rabes, PKKMB, PDM PLM, Pansel, dan Musma. 
3. PENGEMUDI : PODLAS (Podcast Pendidikan Luar Sekolah), Pelatihan dan Bimbingan PKM, Lomba Essay Nasional dan Webinar. 
4. KOMINFO : Sosial Media, Blogspot, Workshop Seputar CV. 
5. KWU : Warplus (Warung Pendidikan Luar Sekolah), Seminar Kewirausahaan, dan PDL. 
6. SENOR : AKSARA (Anak Seni Pendidikan Luar Sekolah), Sport Club, PLS Cup. 
7. Public Relation : Himplus Peduli Desa, Study Club, Temu Alumni Ketua HIMA. 

        Setelah itu acara dilanjutkan dengan ISHOMA selama 20 menit serta tamu undangan dipersilakan untuk undur diri. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi Upgrading dari Sdr. Ahnaf Nabil Rusnarasyid dari kelas A Angkatan 2020 untuk semua pengurus HIMA Kabinet Bratalaras tentang kultur organisasi dan kepemimpinan. Kemudian acara dilanjutkan kembali dengan materi Upgrading dari Sdr. Muhammad Nur Arifin dari kelas A angkatan 2020 tentang penguatan peningkatan prestasi. Kemudian, ditutup dengan doa bersama. 

        Acara hari Selasa dan Rabu tanggal 6-7 Februari 2024 dimulai dengan Upgrading untuk seluruh pengurus HIMA PLS Kabinet Bratalaras 2024 yang bertempat di Villa Kumala Kaliurang pukul 12.00 WIB. Setelah para peserta sudah datang dilanjutkan dengan menata barang bawaan masing-masing ke kamar yang sudah ditentukan (laki-laki dan perempuan dipisah). Acara dilanjutkan dengan berkumpul di ruang depan untuk sharing season bersama DPO yang akan menceritakan keluh kesah serta suka duka di HIMA dan tanya jawab antara peserta dan DPO. 

        Kemudian acara dilanjutkan dengan Outbond yang dipandu oleh Tim Outbond. Setelah selesai outbond, para peserta memiliki free time/waktu bebas untuk ISHOMA yang diisi dengan Rewang Masak sesuai dengan divisinya masing-masing. Acara dilanjutkan malamnya yaitu api unggun sekaligus perkenalan dan tukar kado silang. Setelah acara api unggun para peserta dipersilahkan untuk tidur dan istirahat. Acara di pagi hari yaitu jalan sehat, para peserta dipersilahkan untuk ke halaman depan dan bersiap untuk jalan sehat. Rangkaian acara pun selesai dan para peserta bisa pulang kerumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar