Selasa, 16 Mei 2023

NATIONAL ESSAY COMPETITION 2023

 

NATIONAL ESSAY COMPETITION 2023



“Peran Generasi Millenial dalam Mewujudkan SDGs Pendidikan di Era Society 5.0”

National Essay Competition 2023 merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan Ilmu dan Studi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Kabinet Gamanantha untuk mewadahi mahasiswa di seluruh Indonesia dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, mempunyai ide-ide kreatif, kemampuan berpikir kritis terhadap sebuah isu-isu pendidikan di Indonesia yang dapat dituangkan dalam sebuah karya yaitu Essay.

Kegiatan ini diawali dengan tahap pendaftaran dan pengiriman karya pada tanggal 4 April - 27 April 2023, selanjutnya tahap penilaian karya oleh juri pada tanggal 30 April - 4 Mei 2023, dan tahap terakhir yaitu pengumuman pemenang yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2023. Untuk kegiatan lomba essay ini memiliki persyaratan biaya pendaftaran sebesar Rp.25.000,00 untuk gelombang pertama dan biaya pendaftaran sebesar Rp. 30.000,00 untuk gelombang kedua. Tentu saja perlombaan ini terdapat benefit (hadiah) untuk juara 1, 2, dan 3 berupa uang pembinaan dan E-Sertifikat. Tidak hanya untuk juara saja namun seluruh peserta lomba juga mendapatkan E-Sertifikat sebagai penghargaan.

Acara puncak National Essay Competition 2023 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Mei 2023. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan menggunakan media online yakni via zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Departemen PLS UNY, bapak/ibu dosen PLS UNY, mahasiswa UNY, seluruh peserta lomba, dan peserta webinar.

Acara dimulai dengan pembukaan terlebih dahulu oleh MC (Master of Ceremony). Setelah pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, laporan dari ketua pelaksana dan sambutan dari ketua HIMA PLS 2023 dan kepala Departemen Pendidikan Luar Sekolah sekaligus membuka acara ini. Selanjutnya dilaksanakan sesi dokumentasi yang dilakukan oleh operator dari panitia. Selanjutnya acara inti, yaitu sharing Inspiring Talk : "Menjadi Penulis yang lebih Produktif dan Kreatif" yang akan disampaikan oleh Arif Hidayat, S.I.Kom. Selanjutnya terdapat sesi tanya jawab sebanyak 1 waktu dalam kesepakatan dan kemudian dijawab oleh Mas Arif sebagai narasumber.

Setelah sharing selesai oleh narasumber, kemudian dilanjut dengan pengumuman juara national Essay 2023. Setelah pengumuman juara Essay dilanjut dengan acara penutupan yang dibawakan oleh MC (Master of Ceremony) pada pukul 11.30WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar