Senin, 02 Oktober 2017

PDM PLM PLS FIP UNY 2017


Hai kawan plus, ketemu lagi nih sama Jurplus yang makin plus-plus aja, hihihi. Nah kali ini kita bakal bahas agenda kita yang udah terlaksana minggu kemarin yaitu PDM PLM PLS UNY 2017. Nah, ada cerita asyik apa aja yah yang terangkum dalam kegiatan minggu lalu ini, simak yah..

 
Sesi Materi yang disampaikan oleh Dr. Iis Prasetyo, S.Pd. MM
PDM PLM PLS adalah salah satu program kerja besar yang ada di HIMA Pendidikan Luar Sekolah. Awalnya program kerja ini dibebankan pada bidang PSDM, namun untuk tahun ini karena termasuk dalam agenda besar PLS, maka program kerja kali ini yang bertanggungjawab adalah Pengurus Harian dan Pengurus Inti (PHPI) HIMA PLS. Nah, untuk acara PDM PLM itu sendiri telah sukses terlaksana pada Jum’at, 22 September 2017 –minggu, 24 September 2017. Pelatihan Dasar Mahasiswa dan Pelatihan Leadership Mahasiswa tahun ini mengusung tema “Be Confident to Be Better” dengan tujuan supaya mahasiswa baru angkatan 2017 ini mampu menunjukkan eksistensinya dalam dunia perkuliahan, baik ketika jam perkuliahan maupun di organisasi dalam kampus/luar kampus, diharapkan dengan adanya rasa kepercayaan diri dalam diri mereka, mereka mampu menjadi lebih baik dalam keadaan tersulit sekalipun . Seperti yang diungkapkan kepala divisi PSDM mengenai acara (29/9) “acara kemarin berlangsung cukup baik, hampir mirip dengan tahun-tahun kemarin, namun sayangnya ada saja kendala dari pihak-pihak terkait seperti susah meloby pembicara yang akan mengisi materi.” Jelasnya. Acara PDM PLM PLS tahun ini sama dengan tahun kemarin yang bertempat di Gunung Kidul, tepatnya di Gua pindul, udah pada tau kan desa wisata yang satu ini? Pastinya udah dong hehe, yap betul sekali! Tempat ini juga merupakan labsite dari PLS FIP UNY.

Keseruan Outbond
Seperti biasanya, terbentuk panitia-panitia yang mengurus dan mempersiapkan acara tersebut, Surya Arif R selaku ketua panitia PDM PLM PLS 2017 berpendapat “untuk acara makrab, menurutku sendiri untuk keseluruhan acara berjalan lancar mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan hari h dan evaluasi itu lancar, tidak terlalu banyak kendala yang benar-benar berat. Untuk kendala sendiri dari panitia yang kurang komunikasi dan juga banyak panitia yang tidak berangkat secara penuh, kadang ada yang izin, kadang ada yang emang nggak berangkat, dan sejak awal pembentukan panitia hingga evaluasi kegiatan itu belum pernah yang namanya full team, panitia belum pernah sekalipun kumpul secara menyeluruh, itu yang menjadikan kendala bagi komunikasi antar panitia.” Jelasnya ketika ditanya mengenai jalannya acara dan kendala yang dihadapi panitia (29/9). Kurangya komunikasi dalam suatu kelompok atau panitia memang wajar terjadi dan sering kita jumpai kendala macam ini ya guys. But, bukan berarti ngga ada solusi yah, evaluasi disetiap akhir acara juga diperlukan untuk membenahi agar kesalahan yang pernah terjadi nggak terulang. Terus gimana yah kira-kira kesan dan pesan hingga suka duka apa aja sih yang ada dalam acara PDM PLM PLS 2017 kemarin? “ untuk suka dukanya si, sukanya kita jadi lebih mengenal satu sama lain antara sesama mahasisa PLS baik uang satu angkatan, kakak tingkat ataupun mahasiswa baru, yah semoga dengan acara tersebut kita benar-benar akrab lah dengan mereka,bisa mengenal lebih jauh dan mengenal diri mereka masing-masing. Untuk dukanya sendiri, menurutku lebih ke teknis pelaksanaan sih, karena memang kurang terorganisir dan adanya misskomunikasi antara panitia yang membuat kendala tersendiri dalam kepanitiaan. Yang paling berkesan dari acara kemarin adalah ketika kita mendapatkan masalah yang benar-benar harus dipecahkan, dan itu tidak hanya melibatkan satu-dua orang tapi harus benar-benar secara menyluruh dari keseluruhan panitia, itu yang paling berkesan bagi saya dan kita harus benar-benar mencari apa solusi yang baik tanpa merugikan orang lain. Harapan kedepannya semoga acaranya jadi lebih baik, tidak terlalu banyak masalah, saling komunikasi dan saling menguatkan satu sama lain antar panitia, pesan saya jangan membawa masalah pribadi  kedalam sebuah organisasi, karena bisa mengacaukan segalanya, seperti itu sih.”  Jelas Surya selaku ketua panitia PDM PLM PLS 2017. 

Pentas Seni oleh kelompok Petruk (Pantomim)
Walaupun bertempat sama dengan PDM PLM tahun lalu, namun ada sedikit perbedaan pada tahun ini, jika tahun lalu mahasiswa baru bisa mencicipi wahana wisata Gua Pindul dengan masuk langsung ke gua untuk belajar sekaligus menikmati pemandangan gua, tahun ini mahasiswa baru tidak menikmati itu. Hal ini bukan karena dilarang oleh  Wakil Dekan/Kepala Jurusan PLS FIP UNY, namun hal tersebut merupakan keputusan dari mahasiswa baru sendiri dengan  cara voting. Tidak apa-apa yah dek, kapan-kapan bisa kok,hehe. Satu kalimat yang diungkapkaan Surya dalam akhir wawancara untuk acara PDM PLM PLS 2017 adalah “ Dalam sebuah keorganisasian tidak akan berjalan jika hanya mengandalkan ‘superman’ tetapi harus dengan ‘superteam’.” Nah, itu dia sekilas tentang acara PDM PLM PLS 2107 tahun ini, congratulation yah buat kesuksesan acaranya, see you di artikel selanjutnya yah ..


(Agis 29/9)
Edit by Naza

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar